Pelatihan A to Z Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa: Upaya Mendorong Produktivitas Akademik Mahasiswa Magister Studi Agama-Agama

Yogyakarta – Program Studi Magister Studi Agama-Agama (MSAA), Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, menyelenggarakan kegiatan Pelatihan A to Z Penulisan Artikel Karya Ilmiah Mahasiswa pada 21–23 Oktober 2025 bertempat di lingkungan fakultas tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari dua puluh mahasiswa aktif MSAA yang antusias mengikuti seluruh rangkaian pelatihan. Acara menghadirkan narasumber utama berkompeten, yakni Ali Murfi ,sebagai salah satu pengelola jurnal dan praktisi jurnal bereputasi nasional dan internasional UIN Sunan Kalijaga.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen program studi dalam meningkatkan kapasitas akademik dan publikasi ilmiah mahasiswa. Ketua Prodi, Dr. Dian Nur Anna, S.Ag., M.A, dalam sambutannya menegaskan bahwa kemampuan menulis karya ilmiah merupakan bekal penting bagi mahasiswa pascasarjana, tidak hanya untuk penyelesaian studi tetapi juga untuk berkontribusi dalam diskursus ilmiah nasional dan internasional. “Pelatihan ini diharapkan menjadi ruang produktif bagi mahasiswa untuk mengasah keterampilan menulis, dari tahap perumusan ide hingga persiapan publikasi,” ujarnya.

Selama tiga hari pelatihan, peserta mendapatkan panduan komprehensif mengenai penulisan karya ilmiah mulai dari penyusunan kerangka tulisan, pengelolaan referensi, penggunaan reference manager, hingga strategi publikasi di jurnal bereputasi. Selain sesi penyampaian materi, kegiatan juga diisi dengan praktik langsung penyusunan draft karya ilmiah yang dibimbing oleh para narasumber. Melalui pendekatan interaktif, mahasiswa didorong untuk menulis secara sistematis, metodologis, dan sesuai standar akademik yang diakui.

Kegiatan ini menghasilkan capaian positif, di mana sebagian besar peserta telah memiliki draft awal karya ilmiah yang siap dikembangkan menuju publikasi. Selain itu, pelatihan ini juga berhasil membentuk semangat kolaboratif di antara mahasiswa untuk saling mendukung dalam proses penulisan akademik. Salah satu peserta, Khofifah Sekar Ningrum, menyampaikan kesannya bahwa kegiatan ini memberikan motivasi baru untuk menulis dan mempublikasikan hasil penelitian. “Pendampingan dari narasumber sangat membantu kami memahami bagaimana menulis dengan baik dan benar. Saya merasa lebih percaya diri untuk mulai menulis artikel jurnal,” ungkapnya.